2017 Kuota Jamaah Haji Kabupaten Bekasi Diprediksi Bertambah 372 Orang

0
4378
#

POSKOBERITA.COM,  CIKARANG PUSAT – Setelah 4 tahun mengalami pemangkasan, Kuota Jamaah Haji Kabupaten Bekasi Tahun 2017 diprediksi akan kembali normal pada angka 2.225. Jumlah tersebut bertambah sekitar 372 dibandingkan tahun-tahun sebelumnya yang hanya 1.853 orang.

Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Bekasi, Shobirin mengatakan penambahan kembali kuota tersebut sesuai dengan wacana yang disampaikan oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin karena dikabarkan renovasi Masjidil Haram saat ini sudah hampir selesai.

“Jadi tahun 2017 ada wacana akan kembali kepada kuota asal yakni 2.225 orang calon haji. Tetapi kita masih menunggu regulasi. Mudah-mudahan bisa kembali normal,” kata Shobirin, Selasa (03/01).

Menurut Sobirin sejak tahun 2013, jatah normal kuota haji asal Kabupaten Bekasi sebanyak 2.225 kemudian dipangkas 20 persen menjadi 1.853 orang karena adanya renovasi Masjidil Haram. Hal itu berlaku bagi seluruh daerah di Indonesia.

Dengan normalnya jumlah kuota Calon Haji asal Kabupaten Bekasi yang berangkat, otomatis akan memperpendek daftar tunggu dan mempercepat keberangkatan.

“Mungkin ini yang sangat ditunggu-tunggu oleh masyarakat karena dengan kembalinya kuota ke posisi normal artinya akan lebih mempercepat proses keberangkatan dan memperpendek antrian,” ucapnya.

Shobirin menambahkan, antrian normal waiting list (daftar tunggu) calon haji Kabupaten Bekasi saat ini mencapai 17 tahun dan diperkirakan akan terus bertambah hingga 20 tahun jika minat masyarakat untuk beribadah haji meningkat. (Dim/Pb)

 

#