Talkshow Technopreneurship Ajak Mahasiswa Berani Memulai Usaha

0
604

POSKOBERITA.COM, CIKARANG SELATAN –  Merintis sebuah usaha tidak dimulai dari memikirkan masalah pribadi yang sedang kita hadapi tapi harus dimulai dengan memikirkan masalah yang dihadapi orang lain. Dengan memikirkan masalah orang lain maka akan muncul idea atau gagasan untuk menyediakan kebutuhan orang banyak yang akan menjadi pelanggan kita. Dari sanalah usaha bisa dimulai.

Demikian pendapat yang disampaikan Pitoyo Adhi, CEO Cikarang Technopark yang menjadi salah satu  pembicara pada acara Talkshow  dan Sharing Technopreneurship di Maxx Box Orange County Lippo Cikarang, Sabtu (12/11).  Talkshow bisnis untuk pemula  yang digagas oleh Harian Cikarang Ekspres ini dihadiri ratusan mahasiswa dan penggiat koperasi yang ada di Kabupaten Bekasi dan Karawang.

Ketua Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kabupaten Bekasi, Toto Iskandar, yang juga tampil sebagai pemateri menyampaikan, untuk memulai sebuah usaha tidak harus selalu mengandalkan gagasan, modal atau tenaga sendiri.  Tapi kita bisa mengikuti jalan pikiran orang yang sudah sukses, menggunakan modal dari orang lain dan tenaga orang lain. Asalkan kita jujur dan disiplin maka kesuksesan bisa kita raih.

“ Untuk memulai sebuah bisnis, kita bisa menggunakan rumus PPO (Pakai Pikiran Orang), PMO (Pakai Modal Orang) dan PTO (Pakai Tenaga Orang). Itu pun bisa membuat kita sukses asalkan kita disiplin dan jujur.” ujar Toto.

Dalam acara yang sama, Direktur Eksekutif KADIN Kabupaten Bekasi, Roan Sukraeni, yang juga hadir sebagai pembicara, mengajak para pelaku usaha yang legalitasnya sudah memenuhi syarat agar  masuk sebagai anggota Kadin karena akan banyak peluang usaha yang bisa didapatkan.

Sementara itu Sekjen Aspelindo Budiyanto, mengajak para mahasiswa untuk tidak takut memulai usaha dan jangan hanya bercita-cita ingin menjadi karyawan di kawasan industri.  “Mahasiswa yang tertarik untuk menjadi wirausahawan harus rajin menimba ilmu, mengikuti seminar atau pelatihan bisnis serta terus mengembangkan jaringan. Kuncinya harus banyak berteman agar usaha yang kita rintis bisa sukses dan semakin berkembang.” ujarnya. (PB)