Bupati Purwakarta Adakan Sayembara Orang Gila Berhadiah

0
1623

POSKOBERITA.COM, PURWAKARTA —  Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi, mengadakan sayembara yang cukup unik, yakni terhitung mulai Rabu (9/11), seluruh warga asli Purwakarta yang anggota keluarganya menderita gangguan jiwa diminta mengantarkan ke Pemda Purwakarta. Bagi warga yang mengantarkannya, baik itu tetangga, orang tua atau saudaranya, akan diberi hadiah uang tunai Rp. 2 juta.

“Kebijakan ini merupakan program baru, karena selama ini banyak warga yang dinilai salah kaprah dalam memperlakukan anggota keluarganya yang sakit jiwa dengan cara dikurung atau dipasung.” Ujar Dedi.

Menurut Dedi, daripada diperlakukan tak adil, sebaiknya para orang gila ini diserahkan ke Pemkab. Tujuannya, mereka akan segera diobati. Apalagi, saat ini Pemkab Purwakarta telah bekerja sama dengan RS Jiwa Cisarua, Lembang. Selain itu, kerja sama juga dengan yayasan yang khusus menangangi warga dengan gangguan mental di Tasikmalaya.

Pemkab Purwakarta akan membiayai seluruh pengobatannya sampai pasien sakit jiwa itu sembuh. Selain melapor ke Pemkab, kata Dedi, waarga bisa melayangkan pesan singkat ke SMS center  08121297775, Twitter @DediMulyadi71, Fanpage Facebook Kang Dedi Mulyadi ,dan akun instagram @DediMulyadi71.

Bupati Purwakarta juga menginstruksikan seluruh aparat desa mulai dari kepala desa hingga ketua RT/RW untuk pro aktif menyisir warganya yang diketahui mengalami gangguan kejiwaan. Sanksi tegas berupa penahanan honorarium sudah disiapkan oleh pemerintah daerah, jika didapati ada aparat desa yang tidak melaksanakan instruksi ini.

(pb/source : republika/idjoel).