Mendikbud Janji Perbaiki 152 Ribu Sekolah Rusak Berat

0
398

JAKARTA – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy menjanjikan akan segera memperbaiki 152 ribu sekolah rusak berat dan rusak fatal/total. Muhadjir mengatakan perbaikan ini sesuai arahan Presiden RI Joko Widodo yang memanggilnya ke Istana Merdeka, Jakarta Kamis, 20 Oktober 2016. Sementara sekolah dengan kerusakan ringan dan rusak sedang belum jadi prioritas sehingga harus menunggu.

“Untuk tahun depan itu, kita rencanakan akan direhabilitasi sekitar 50 ribu sekolah, baik yang rusak berat maupun rusak fatal. Sementara yang rusak sedang dan rusak ringan, kita ikhlaskan karena anggaran yang selama ini mecer-mecer misalnya untuk perbaikan kelas, perbaikan perpustakaan, yang sifatnya itu tambal sulam, itu kita hapus, kita kurangi drastis,” kata Muhadjir.

Dia mengatakan sekolah yang rusak fatal dan rusak berat akan dinaikkan langsung menjadi berstatus standar pelayanan minimum (SPM) sekolah. Perbaikan ini akan dilakukan secara bertahap dalam tiga tahun kalau kemendikbud mendapat anggaran yang tetap. Setelah 152 sekolah rusak fatal itu diperbaiki, pemerintah baru akan menangani yang lain. Namun, Muhadjir tidak tahu persis anggaran yang dialokasikan untuk itu. (PR/Pb)